Trend Digital Marketing
Pembicara:
Pak. Muhammad Adam Fridaus
Pak Adam
adalah seorang desainer web dan
produk online. Project terakhir yang ia sedang kerjakan adalah mendesain portal
berita Tempo untuk menaikkan tingkat peringkat websitenya. Ia dituntut agar website
yang ia desain dapat ramah dengan para pengiklan dan juga klien lainnya. Ia
akan membagikan tips-tips mengenai web
desain yang baik dan menarik pembicara. Pak Adam juga sempat bekerja di
Kompas.com, saat bekerja di Kompas.com, ia bertugas untuk menangani campaign banner. Dan 2 tahun belakangan
ini ia bekerja di Tempo.co, ia sedang sibuk menangani tampilan baru dari
website Tempo.co.
Menurutnya, penetrasi pengguna
internet di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dewasa ini, content
marketing merupakan suatu hal yang sedang memiliki kedudukan yang tinggi.
Selain itu, content marketing
dipercaya dapat memberikan penghasilan yang cukup tinggi.
Ia juga
menjelaskan tentang peluang karir di bidang big
data. Big data adalah acuan para online advertiser untuk mendidik
konsumen-konsumen sesuai target pasarnya. Selanjutnya adalah marketing automation. Marketing automation adalah engine yang dapat memasarkan suatu
produk secara otomatis, contohnya adalah
e-mail otomatis dari perusahaan startup. Mobile marketing adalah berupa push-notification
jika kita berada disuatu tempat. Social
media marketing adalah sisipan-sisipan brand yang terdapat pada artikel
yang kita baca.
Pak Adam berfokus untuk menjelaskan mengenai content
marketing dan big data, karena ia
merasa kedua bidang tersebut adalah bidang yang paling berkaitan dengan jurusan
Ilmu Komunikasi. Menurutnya, content marketing
sekarang ini cenderung mengarah kepada passive
ads, yang dimaksud passive ads
disini adalah mengiklankan suatu produk tanpa menyebutkan brand tersebut.
Contoh passive ads dapat kita temukan
pada konten yang dibuat oleh Traveloka, yakni membuat konten mengenai destinasi
tempat yang wajib dikunjungi.
Terdapat 4 karakteristik
sebuah content sophistication, yakni web pages, rich content, personalization,
dan marketing apps. Pertama, web pages merupakan pondasi dari digital content marketing. Kedua, yang
dimaksud oleh rich content adalah
konten yang berisikan video, info grafis, responsive
web, dan HTML5. Ketiga, personalization
adalah jumlah atau frekuensi pengunjung suatu konten. Keempat, marketing apps adalah aplikasi digunakan
untuk melakukan pemasaran. Menurut Pak Adam, keberhasilan suatu ads pada media sosial dipengaruhi oleh
pengetahuan kita akan target konsumen maupun audiens yang kita tuju.
Komentar
Posting Komentar