Trend Digital Marketing

Pembicara:
Pak. Muhammad Adam Fridaus

Sumber: Dokumentasi pribadi 

Pak Adam adalah seorang desainer web dan produk online. Project terakhir yang ia sedang kerjakan adalah mendesain portal berita Tempo untuk menaikkan tingkat peringkat websitenya. Ia dituntut agar website yang ia desain dapat ramah dengan para pengiklan dan juga klien lainnya. Ia akan membagikan tips-tips mengenai web desain yang baik dan menarik pembicara. Pak Adam juga sempat bekerja di Kompas.com, saat bekerja di Kompas.com, ia bertugas untuk menangani campaign banner. Dan 2 tahun belakangan ini ia bekerja di Tempo.co, ia sedang sibuk menangani tampilan baru dari website Tempo.co.

Menurutnya, penetrasi pengguna internet di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dewasa ini, content marketing merupakan suatu hal yang sedang memiliki kedudukan yang tinggi. Selain itu, content marketing dipercaya dapat memberikan penghasilan yang cukup tinggi.

Ia juga menjelaskan tentang peluang karir di bidang big data. Big data adalah acuan para online advertiser untuk mendidik konsumen-konsumen sesuai target pasarnya. Selanjutnya adalah marketing automation. Marketing automation adalah engine yang dapat memasarkan suatu produk secara otomatis, contohnya adalah e-mail otomatis dari perusahaan startup. Mobile marketing adalah berupa push-notification jika kita berada disuatu tempat. Social media marketing adalah sisipan-sisipan brand yang terdapat pada artikel yang kita baca.

Pak Adam berfokus untuk menjelaskan mengenai content marketing dan big data, karena ia merasa kedua bidang tersebut adalah bidang yang paling berkaitan dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Menurutnya, content marketing sekarang ini cenderung mengarah kepada passive ads, yang dimaksud passive ads disini adalah mengiklankan suatu produk tanpa menyebutkan brand tersebut. Contoh passive ads dapat kita temukan pada konten yang dibuat oleh Traveloka, yakni membuat konten mengenai destinasi tempat yang wajib dikunjungi.

Terdapat 4 karakteristik sebuah content sophistication, yakni web pages, rich content, personalization, dan marketing apps. Pertama, web pages merupakan pondasi dari digital content marketing. Kedua, yang dimaksud oleh rich content adalah konten yang berisikan video, info grafis, responsive web, dan HTML5. Ketiga, personalization adalah jumlah atau frekuensi pengunjung suatu konten. Keempat, marketing apps adalah aplikasi digunakan untuk melakukan pemasaran. Menurut Pak Adam, keberhasilan suatu ads pada media sosial dipengaruhi oleh pengetahuan kita akan target konsumen maupun audiens yang kita tuju.  

Komentar

Postingan Populer