APLIKASI TEORI KOMUNIKASI PEMASARAN DI INDUSTRI TV
Pembicara: Riska Fiati
Pembicara Riska Fiati, yang merupakan Head of
Publicity dari Strategic Marketing Communication RCTI, memulai kuliah umum
dengan membahas mengenai revenue televisi. Selama ini, televisi
mendapat sebagian besar pendapatan dari iklan. Sedangkan dalam marketing
communication, terdapat kegiatan lain yang dilakukan bertujuan untuk meraih
pendapatan, seperti iklan, PR campaign, dan lainnya.
Dalam struktur organisasi industri televisi pertama di Indonesia, yakni
RCTI, terdapat empat direktorat, yaitu direktorat sales atau marketing,
direktorat programming dan production, direktorat keuangan, dan
direktorat corporate secretary. Yang
akan dibahas lebih dalam pada perkuliahan ini adalah divisi dalam direktorat sales atau marketing, yaitu strategic
marketing communications.
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai strategic marketing communications, penting untuk mengetahui arti
dari strategic dan marketing communications. Strategic menurut Onong Uchjana
Effendy merupakan perencanaan atau planning
dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan yang hanya dapat dicapai melalui
taktik operasional. Strategi komunikasi hendaknya mencakup segala sesuatu yang
dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan khalayak sasaran.
Sedangkan marketing communication menurut
Kotler dan Keller adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan,
membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung,
tentang produk dan merek yang dijual.
Fokus divisi strategic marketing
communications adalah menciptakan event, baik yang diinisiasi oleh korporat
maupun yang diinisiasi oleh client. Objektif
dari kegiatan divisi ini adalah mempertahankan dan mengembangkan brand awareness dari korporat, yakni
RCTI, dan mendapatkan income.
Divisi strategic marketing
communications harus dapat melihat hal-hal yang sedang trending di masyarakat. Dari trend
yang ada, pihak marcomm harus
dapat menciptakan event yang sesuai dengan trend
dan menentukan unsur STP (Segmenting, Targeting, and Positioning) dari acara
tersebut.
• Product: tiket lari RCTI Reds Run
• Price: 175.000 (regular), 250.000 (VIP), 400.000 (family)
• Place: Bintaro Exchange – 20 Agustus 2017
• Promotion: melalui televisi, media sosial, billboard, dan lainnya
• People: team work, lead and supervised by director
• Process: pembelian bisa diakses langsung melalui website
• Physical evidence: race pax yang diambil setelah pembayaran
Sedangkan unsur STP dari konsep komunikasi pemasaran event ini, yaitu:
• Segmentasi: kelompok atas dan menengah atas (A dan B+) di wilayah Jakarta dan sekitarnya
• Targeting: pecinta lari dan bola khususnya klub Liverpool
• Positioning: event lari yang unik, menggabungkan orang yang suka lari dan olahraga sepakbola
• Targeting: pecinta lari dan bola khususnya klub Liverpool
• Positioning: event lari yang unik, menggabungkan orang yang suka lari dan olahraga sepakbola
Komentar
Posting Komentar