Media Relations
Deden Rochmawaty General Manager Corporate Affairs PT Nusantara Infrastructure Tbk |
Definisi PR menurut Ibu Deden
adalah strategic comunication process yang membangun penghubung baik dari perusahaan
maupun target market dari perusahaan tersebut, Dalam dunia organisasi atau
perusahaan kita juga harus mengenal siapa diri kita, sama seperti yang terjadi
di dalam koperasi atau perusahaan, di dalam koperasi terdapat 2 jenis yaitu
perusahaan publik dan perusahaan tidak publik, perusahaan publik adalah
perusaahaan yang sahamnya 80% sahamnya dimiliki oleh publik, sedangkan
perusahaan nonpublik adalah yang sahamnya belum dimiliki oleh publik tetapi
oleh keluarga atau internal, ktia juga harus mengetahui target / (stakeholders)
kita sehingga dapat menemukan target pengguna atau pembeli kita,
Media relations adalah hubungan
antara public relation department dengan media,Media relations adalah aktivitas
yang menjembatani bagaimana perusahaan itu mengkomunikasikan seluruh produk
atau servis, Media massa terdapat framing, agenda setting, kultivasi,Kehidupan
kita tidak bisa lepas dari yang namanya media, pengaruh dari media sangat
berpengaruh dari kehidupan kita bagaimana dengan cara berfikir, pengambilan keputusan
dan opini,Media sangat mempengaruhi pikiran atau decision making, public opini,
setelah itu jadilah image
PR mengkomunikasikan sesuatu yang
minus menjadi positif , PR (Public
Relation) akan berfungsi melaui image
diciptakan melalui media, begitu banyaknya pengaruh media di dalam kehidupan
ktia, dan semua kehidupan kita dikelilingi oleh media, dan bagaimana kita
memanfaatkan media yang ada di sekeliling kita dengan benar,
Target audiens dan
segmentasi,
Media segmentasi terbagi menjadi
dua , Ada lifestyle dan juga news , Lifestyle ada featuring lifestyle fashion
travel food dan lainlain, Media juga dibedakan dari penampilanya ada print dan
juga online,Ada TV dan audio,Audio atau radio hanya untuk menggugah saja
sedangkan iklan di TV lebih menampilkan rasa kenyamanan, dsb
News Angle Satu topik bisa
ditulis berbeda dan opini berbeda dari pembacanya, public opini tersebut bisa
berdampak positif maupun negatif
Key message sedikit lebih sulit dan mendalam tentunya ilmu ini
harus dimiliki oleh seorang public relation, adalah strong statetement tentang
perusahaan bisa mengenai 1 isu atau posisi organisasi perusahaan tersebut
Untuk membangun key
mesaage terdapat 4C yaitu
Clear
Concise
Complete
Correct
News terbagi menjadi 2 yaitu hardnews dan softnews,Hardnews
adalah berita yang lebih serius topik yang seirius contoh berita kebakaran, Softnews
aladah berita yang lebih ringan adalah bagaimana cerita di belakang korban
kebakaran tersebut,News Type disini dibagi menjadi dua bagian,Advertising
berita yang dibuat sesuai dengan keinginan yang memiliki media ,Editorial fakta
fakta yang ditulis dalam media, Objektivitas berita terdapat dua,Yaitu building awareness biasa dilakukan oleh
sebuah perusahaan atau organisasi untuk membangun brand image, Promoting product launching promo
discount dan sebagainya
Aktivitas media terbagi 2 menjadi formal dan informal
Media activities
Press conference
Doorstop Interview
Meida visit
Media Brieding
Company Visit
Media Gathering
Press release dibagi menjadi 2 yaitu Regular News dan event event tertentu
Feature lebih
bercerita, bukan mengenai iklan.
Media monitoring dalam kehidupan organisasi sangat penting yang
memonitor semua berita yang masuk atau yang ada di masyarakat, Tujuan dari media monitoring bisa di gunakan untuk
merangkum pemberitaan tentang perusahaan, ktia bisa melihat apakah berita itu
bagus atau buruk, sedangkan Media analysis chart adalah summary yang dibuat
dalam 1 minggu, Crisis Communication sebuah perusahaan bisa hancur bisa tutup
karena krisis komunikasi
Cara menangani crisis
Bagaimana kita
mengaproach media
Stop crisis quickly
-> media -> media relations
A.
Apa yang harus dilakukan jika terjadi crisis
1.Bentuk team
2.Tenang dan jangan panik
3.Merespon secara cepat
4.Hanya boleh satu orang yang bicara
5.Bentuk segala macam harus bisa di jawab
6.Menyiapkan segala macam yang perlu disiapkan seperti press
release, dsb
7.Informkasikan setiap orang yang ada di perusahaan
DO
Harus jujur
Setiap saat bisa dibungi
DON’TS
- Jangan pakai istilah
- Jangan menghindar
- Jangan memberitahu jurnalis untuk off the record
Komentar
Posting Komentar