Media Relations



Deden Rochmawaty General Manager Corporate Affairs PT Nusantara Infrastructure Tbk


Definisi PR menurut Ibu Deden adalah strategic comunication process yang membangun penghubung baik dari perusahaan maupun target market dari perusahaan tersebut, Dalam dunia organisasi atau perusahaan kita juga harus mengenal siapa diri kita, sama seperti yang terjadi di dalam koperasi atau perusahaan, di dalam koperasi terdapat 2 jenis yaitu perusahaan publik dan perusahaan tidak publik, perusahaan publik adalah perusaahaan yang sahamnya 80% sahamnya dimiliki oleh publik, sedangkan perusahaan nonpublik adalah yang sahamnya belum dimiliki oleh publik tetapi oleh keluarga atau internal, ktia juga harus mengetahui target / (stakeholders) kita sehingga dapat menemukan target pengguna atau pembeli kita,

Media relations adalah hubungan antara public relation department dengan media,Media relations adalah aktivitas yang menjembatani bagaimana perusahaan itu mengkomunikasikan seluruh produk atau servis, Media massa terdapat framing, agenda setting, kultivasi,Kehidupan kita tidak bisa lepas dari yang namanya media, pengaruh dari media sangat berpengaruh dari kehidupan kita bagaimana dengan cara berfikir, pengambilan keputusan dan opini,Media sangat mempengaruhi pikiran atau decision making, public opini, setelah itu jadilah image
PR mengkomunikasikan sesuatu yang minus menjadi positif , PR (Public Relation) akan berfungsi melaui image diciptakan melalui media, begitu banyaknya pengaruh media di dalam kehidupan ktia, dan semua kehidupan kita dikelilingi oleh media, dan bagaimana kita memanfaatkan media yang ada di sekeliling kita dengan benar,
Target audiens dan segmentasi,
Media segmentasi terbagi menjadi dua , Ada lifestyle dan juga news , Lifestyle ada featuring lifestyle fashion travel food dan lainlain, Media juga dibedakan dari penampilanya ada print dan juga online,Ada TV dan audio,Audio atau radio hanya untuk menggugah saja sedangkan iklan di TV lebih menampilkan rasa kenyamanan, dsb
News Angle Satu topik bisa ditulis berbeda dan opini berbeda dari pembacanya, public opini tersebut bisa berdampak positif maupun negatif
Key message sedikit lebih sulit dan mendalam tentunya ilmu ini harus dimiliki oleh seorang public relation, adalah strong statetement tentang perusahaan bisa mengenai 1 isu atau posisi organisasi perusahaan tersebut
Untuk membangun key mesaage terdapat 4C yaitu
Clear
Concise
Complete
Correct
News terbagi menjadi 2 yaitu hardnews dan softnews,Hardnews adalah berita yang lebih serius topik yang seirius contoh berita kebakaran, Softnews aladah berita yang lebih ringan adalah bagaimana cerita di belakang korban kebakaran tersebut,News Type disini dibagi menjadi dua bagian,Advertising berita yang dibuat sesuai dengan keinginan yang memiliki media ,Editorial fakta fakta yang ditulis dalam media, Objektivitas berita terdapat dua,Yaitu building awareness biasa dilakukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi untuk membangun brand image, Promoting product launching promo discount dan sebagainya
Aktivitas media terbagi 2 menjadi formal dan informal
Media activities
Press conference
Doorstop Interview
Meida visit
Media Brieding
Company Visit
Media Gathering
Press release dibagi menjadi 2 yaitu Regular News dan event event tertentu
Feature lebih bercerita, bukan mengenai iklan.
Media monitoring dalam kehidupan organisasi sangat penting yang memonitor semua berita yang masuk atau yang ada di masyarakat, Tujuan dari media monitoring bisa di gunakan untuk merangkum pemberitaan tentang perusahaan, ktia bisa melihat apakah berita itu bagus atau buruk, sedangkan Media analysis chart adalah summary yang dibuat dalam 1 minggu, Crisis Communication sebuah perusahaan bisa hancur bisa tutup karena krisis komunikasi
Cara menangani crisis
Bagaimana kita mengaproach media
Stop crisis quickly -> media -> media relations
A.      Apa yang harus dilakukan jika terjadi crisis
1.Bentuk team
2.Tenang dan jangan panik
3.Merespon secara cepat
4.Hanya boleh satu orang yang bicara
5.Bentuk segala macam harus bisa di jawab
6.Menyiapkan segala macam yang perlu disiapkan seperti press release, dsb
7.Informkasikan setiap orang yang ada di perusahaan
DO
Harus jujur
Setiap saat bisa dibungi

DON’TS
- Jangan pakai istilah
- Jangan menghindar

- Jangan memberitahu jurnalis untuk off the record




Komentar

Postingan Populer