Advertising Still Hot?
Pada tanggal 28 November 2017,
kelas Kapita Selekta kami kedatangan doesn tamu dari bidang Advertising. Beliau
adalah ibu Tia seorang yang bekerja dalam divisi Account Executive di
Advertising Agency ternama, yaitu:
MullenLowe Indonesia.
Ibu Tia membuka perkuliahannya dengan membuat pernyataan
bahwa tidak semua yang bergabung dalam advertising harus sesuai dengan bidang
perkuliahannya di bidang advertising, advertising is based on one thing,
happiness and Indonesia fits the statement (Campaign Asia,2015)
Who are the advertising agencies in Indoneisa
Di Indonesia sendiri, terdapat banyak Advertising Agency
yang buka. Nama-nama seperti Lowe, Milestone,
Matari, Ogilvy, JWT, Leo Burnett, dan masih ada banyak lagi Advertising Agency
yang besar di Indonesia. Mereka dapat dibilang agensi-agensi yang menguasai di bidang periklanan.
Sebuah perusahaan yang harus dapat membuat sebuah rencana
yang sangat strategis dan kreatif agar dapat mencapai engagement antara klien
dengan target konsumennya.
Client X Agency Relationship
Hubungan antara klien dan agensi harus terjalin dengan baik.
Agensi harus membuat sebuah karya berdasarkan brief yang diberikan oleh klien. Klien
selalu akan menuntut banyak hal kepada agensi untuk mendapatkan hasil yang
memuaskan dan dapat saling menguntungkan. Sebagai mahasiswa yang akan terjun ke
bidang ini, harus siap dalam menghadapi berbagai macam model klien.
Ups and Down for Advertising Agency
Advertising agencies itu sendiri sering mengalami masa naik
dan turun. Dalam perselisihan antara agensi lain dan saling berajang memberikan
ide-ide yang kreatif untuk mendapatkan hati klien. Tidak banyak advertising
agency yang tutup karena tidak dapat menghadapi masalah dalam perusahaannya,
namun tidak sedikit pula agensi yang tetap bertahan dan masih kuat di bidang
advertising.
Advertising jaman OLD vs Advertising jaman NOW
Advertising jaman Old memiliki tujuan menarik target
konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh
klien, membuat brand klien menjadi lebih besar dan dikenal oleh target
konsumen.
Advertising jaman now tidak lagi melakukan hal itu, dilihat
dari target konsumen jaman sekarang adalah generasi milenial dengan
perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat perubahan cara membuat orang
melakukan pembelian atau penggunaan barang. Jaman sekarang orang akan membeli
atau menggunakan suatu produk atau jasa bila mereka memerlukannya saja. Advertising
jaman sekarang harus dapat membuat sebuah engagement agar produk atau jasa
klien dapat tertanam di benak masyarakat sehingga ketika target konsumen ingin
melakukan pembelian dapat mengingat dan melakukan pembelian di klien.
Jenis advertising agency
Lokal
Network secara global menangani network atau brand mulai
dari 0 mencari strategi target market seperti apa, bahkan racikan awalnya juga
mereka gabungkan.
Advertising agency tidak akan hidup jika tanpa client, advertising adalah perusahaan bisnis nomor 3 yang paling membuat kantong
perusahaan juga terkuras, bukan hanya proses penyebaranya tetapi pembuatanya
juga, hubungan client juga harus dibina dan di pupuk.
Hubungan antara
client dan juga advertising berbeda dalam cara pandangnya
Client juga sering memberikan revisi tetapi tidak
memungkinkan untuk mengancel project yang sudah diberikan
Tips to survive:
- Selalu update
Bukan hanya mengenai teknologi, advertising
selalu berbanding lurus dengna perkembangan teknologi masa kini sekarang
trendnya sudah digital semua sosmed juga dibuat iklan, harus mengupdate dengan
semua kejadian di dunia, dan harus tau tentang semuanya, karena kita akan
memegang sebuah brand, dan semua ilmu bidang lain, dan juga target market yang
harus kita ketahui, target itu macam-macam, ada product yang ditargetkan ke
ibu-ibu, ada juga yang untuk anak kecil, di bawah 8 tahun bukan merupakan
target utama, target selanjutnya adalah target target anak di milenil, agak
susah apalagi harus mengage mereka secara emosional, dan harus meyakinkan
mereka untuk membeli produk kita tetapi harus mengage mereka secara emosional
-
- Postive Attitude
- Jangan pernah berasumsi
- Kiss/miss
selalu keep it simple dan make it simple,
jangan di besarbesarkan nanti malah jadi kacau
-
Multi tasking
Harus bisa mengerjakan kerjaan, dan
tentnunya yang dilakukan dari hal hal kecil tersebut.
3 trend di dunia iklan
1.Ads are becoming and dynamic and
personalized
Iklan harus dinamis dan perosnal, seperti
direct email menggenai make up, ditunjang dengan teknologi yang ada.
2. Advertising channels are becoming
automatically itegrated.
Media juga harus lebih modren, ada sosial
media yang membantu sepeti Ultra, trueview, chatbot di dalam e-commerce.
3.Transparent attribures is trying all ad
spend to hard data
Sekarang dengan adanya zittel semua menjadi
accseable dan semua bisa terukut dan juga transparan bisa mengetahui targetnya.
Sekarang iklan juga lebih ke interaksi dan
kalian bisa terhubung dengan yang
memiliki merek.
Advertising is based on one thing happiness
,
Kalo tidak happy bagaimana bisa mengeluarka
ide-ide yang bisa breakthrough dan bisa melihat masalah dengan jelas, dan
bagaimana bisa betah dalam mengerjakan tanggung jawabnya dengan baik.
Komentar
Posting Komentar